Thursday, September 17, 2015

Cara Menggunakan Virtual Box

Di pagi hari ini, ane akan membagikan Tutorial bagi yang suka instal-menginstal OS tapi takut terjadi eror system atau yang masih suka coba-coba OS dengan menggunakan aplikasi "ORACLE VIRTUAL BOX"
Langsung ke TKP !!!



Tampilan awal Virtual Box seperti di atas, agan langsung Klik Menu Baru pada kiri atas !

 
Kemudian muncul jendel baru, berisi Nama OS,Tipe, dan Versi dari OS. Disini ane menggunakan OS Ubuntu Sebagai Uji Coba, dengan Tipe Linux dan Versi 64-Bit.


Oke disini pilihan Virtual RAM, berhubung RAM di Laptop ane 4GB jadi lumayan panjang lah pilihan Scrollnya. Ane rekomendasikan untuk Uji Coba sih 512Mb untuk yang RAM 2 GB, kalo yang 4 GB ane recomended ke 1 GB aja gan, biar cepet gitu nanti multitasking Virtualya.

 
Ikuti saja perintah di atas gan  jangan di otak atik kalo gak ngerti, hehehe...


Pilih VDA, karena kita akan membuat Virtual Disk Image


Pilih pilihan Alokasikan Secara Dinamik, agar lebih Fleksibel dalam penggunaan Ruang pada Hardisk apabila terjadi pengurangan atau pertambahan Data


Nahh sampai sini dah setengan jalan ni gan ! VDInya dah jadi (Virtual Disk Image) dengan nama Ubuntu. Tapi belom Aktif alias OFF, agan kemudia klik dulu Ubuntunya kemudian Klik Mulai pada menu bar


Oke disini agan tinggal nyari FILE ISO dari OS yang mau diinstal, ingat siapkan FILE ISOnya terlebih dahulu ya gan ! kalo sudah di cari tinggal tambahkan dan Klik MULAI !


Pilih Lokasi Penyimpanan VDI agan mau taruhnya di Mana di C,D,E,G atau Z.. hahaha...
Pilihan Image Hard Disk biarkan saja Default !


SELESAII DAH !! Ubuntu Telah berhasil diinstal secara Virtual. Apabila ingin maxmize tampilanya, maka akan muncul jendela baru yang nantinya tempat untuk mencoba OS Ubuntu yang kita Instal !


Oke ! Sekian dari ane semoga bermanfaat. Pengunjung yang baik harap tinggalkan jejak gan !

Post a Comment